Sign in

Dalam menganalisa data, sering kali menggunakan visualisasi data untuk memahami karakteristik maupun trend di dalam data yang dimiliki.

Salah satu library di python yang biasa digunakan untuk keperluan visualisasi data adalah matplotlib.

Dataset yang akan kita gunakan kali ini merupakan data penjualan yang bisa diunduh di https://dqlab-dataset.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/retail_raw_reduced.csv'


Jadi, apa itu R?

R adalah nama sebuah bahasa pemrograman sekaligus software untuk pengolahan data dan grafik. R sangat popular saat ini karena memiliki jumlah fitur yang sangat besar — mencapai puluhan ribu fitur.

Mulai dari membaca file teks, membaca database, menghasilkan berbagai grafik, menghasilkan dashboard yang menarik, sampai ke penggunaan machine learning — semuanya tersedia di R.

Selain itu, R bersifat gratis dan open source. Artinya, dengan R kita tidak perlu biaya lisensi macam-macam untuk menggunakannya secara bebas dan luas.

Data Scientist dan R

Dunia saat ini penuh dengan data, akibat meluasnya penggunaan aplikasi smartphone dan juga pemakaian sistem pada seluruh perusahaan. …


Pada modul ini kita akan belajar bagaimana menyatukan dua tabel atau lebih dengan SQL.

Penggabungan tabel yang pertama adalah dengan melihat hubungan atau relasi dari kolom. Di sini kita akan menggunakan dua tabel sebagai pembelajaran.

Contoh tabel pertama yang akan kita gunakan sebagai bahan latihan adalah tabel ms_item_warna seperti terlihat berikut ini,


Hai, kali ini aku akan membahas mengenai Fundamental SQL Using FUNCTION and GROUP BY yang merupakan bagian modul dari Data Analyst Career Track DQLab.

Fungsi adalah metode yang digunakan untuk melakukan operasi data di database. Operasi ini bisa berupa kalkulasi numerik seperti sum, count, avg, etc; atau operasi non-numerik seperti string concatenations dan sub-strings. SQL Function dapat dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu fungsi scalar dan fungsi aggregate.

Fungsi skalar dalam SQL digunakan untuk mengembalikan nilai tunggal (single value) dari suatu nilai input yang diberikan, sedangkan fungsi agregat dalam SQL digunakan untuk melakukan perhitungan pada sekelompok nilai dan kemudian mengembalikan…


Hai, pada kali ini aku akan membahas mengenai Fundamental SQL Using SELECT Statement yang merupakan bagian modul dari Data Analyst Career Track DQLab.

Sebelumnya, kita kenalan dulu yuk apa itu SQL?

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language, yaitu bahasa komputer standar yang digunakan untuk berinteraksi dengan suatu sistem database — atau lebih tepatnya sistem manajemen database relasional. Jadi, user dapat menambahkan, mengubah, mengupdate, mencari dan menghapus data dari suatu sistem database dengan menggunakan SQL.

Terdapat dua kategori dari interaksi SQL:

  • Data Definition Language (DDL), yaitu berbagai perintah yang berfungsi lebih kepada memanipulasi struktur database, seperti Membuat (CREATE), meubah (ALTER)…

Pada modul terakhir dari Python for Data Professional Beginner ini kita akan membahas mengenai Object Oriented Programming, Classes & Objects, Encapsulation, dan Polymorphism.

Pemrograman Berbasis Objek (Object Oriented ProgrammingOOP) merupakan salah satu paradigma pemrograman yang cukup populer di antara paradigma-paradigma lainnya.

Pada paradigma OOP, struktur dari sebuah program dikemas ke dalam sebuah objek yang memiliki serangkaian properti (properties) dan fungsi (behaviours). Sebagai contoh, kita dapat merepresentasikan seorang karyawan ke dalam sebuah program melalui konsep OOP.

Seorang karyawan dapat memiliki serangkaian properti seperti nama, usia, keahlian, dll. …


Melanjutkan materi yang dishare sebelumnya, materi ini dimulai dengan Collection Manipulation.

Collections manipulation adalah salah satu teknik yang penting untuk dikuasai setiap programmer. Kita dapat mengolah berbagai tipe data collections dalam Python melalui penguasaan materi collections manipulation. Adapun tipe data yang akan diolah yaitu:

  • list
  • tuple
  • set
  • Dictionary

Kita dapat mengakses elemen pada suatu list ataupun tuple dengan menggunakan indeks atau semacam nomor urut dari list atau tuple tersebut. Indeks pada suatu tipe data list atau tuple dimulai dari angka 0.

Berikut merupakan contohnya,


Hai, aku Wulan. Di sini aku akan membagikan artikel hasil belajar dari Data Analyst Career Track di DQLab. Modul ini terdiri dari 3 bagian yang akan aku post di artikel yang berbeda.

Sebelumnya, aku akan memperkenalkan apa itu python. Python merupakan bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general-purpose programming dan termasuk dalam kategori high-level programming language.

Sebagai general-purpose programming language, Python digunakan untuk berbagai macam permasalahan seperti: pengembangan aplikasi web ataupun mobile, data science, dll.

Python masuk ke dalam kategori high-level programming language dikarenakan bahasa pemrograman Python yang mudah untuk dibaca dan dituliskan oleh manusia.

Fungsi python yang pertama adalah fungsi…

Wulan Sopiani

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store